Apa Itu Bitcoin? Penjelasan Lengkap Tentang Bitcoin

Written by Filo on July 29, 2020 in Mencari penghasilan dari saham with no comments.

Bisnis.com, JAKARTA – Bitcoin kerap dianggap sebagai sebuah instrumen investasi baru yang potensial dalam memaksimalkan keuntungan. Nama Bitcoin sendiri sudah terdengar cukup lama dengan antusiasme pegiat investasi pada salah satu jenis cryptocurrency ini. Bitcoin pertama kali diluncurkan tahun 2009 oleh seseorang atau kelompok orang yang beroperasi dengan menggunakan nama Satoshi Nakamoto. Nakamoto tidak lagi berkecimpung dalam bitcoin saat mata uang ini mulai menjadi perhatian luas.

Gangguan teknis itu dinilainya bukan kerugian besar, karena biaya pemakaian listrik otomatis terpangkas. Kalau ada koin baru yang dinilainya bagus dan menghasilkan banyak keuntungan, ia langsung pindah ke koin baru lain. Biasanya ia hanya bertahan sepekan untuk menggali koin keluaran suatu developer baru, setelah itu pindah mencari koin baru. Apalagi koin dari usahanya menambang itu kemudian bisa ditukar dengan uang cetakan. Ruangan tertutup yang dijaga seorang saudaranya itu juga dilengkapi listrik hingga 40 ribu watt, jaringan internet, kipas angin 9 buah, mesin air conditioner 4 titik dengan setelan 22 hingga 24 derajat celcius.

Usaha BitCoin

Kalau dalam hal ini BI bereaksi dan over reaktif, justru akan mengundang minat yang lebih besar lagi dari masyarakat. Bitcoin memang telah menangkap peluang pasar de­ngan begitu baik. Tren peningkatan pengguna internet di seluruh dunia menjadi momen strategis kehadiran Bitcoin. Khususnya dengan perkembangan potensi bisnis e-commerce world yang mendorong masyarakat international melakukan transaksi perdagangan lintas negara.

Pasalnya, sistem Bitcoin dirancang agar mengeluarkan koin baru dengan kecepatan yang stabil. Caranya dengan menyesuaikan tingkat kesulitan algoritma dengan kekuatan hash rate dari semua penambang. Semakin tinggi komputer yang digunakan para penambang, semakin sulit pula algoritma yang harus diselesaikan. Sebagai contoh, konfigurasi enam Nvidia GTX 1070 akan menghasilkan hash price sekitar 198 Mega Hash per detik (MH/s) untuk cryptocurrency Ethereum.

Selain itu Bank Indonesia juga menyatakan bawa ketiadaan regulasi untuk uang bitcoin menyebabkan keberadaaan bitcoin dapat beresiko menjadi ajang pencucian uang dikarenakan bentuknya yang tidak riil. Penambang mungkin akan tetap mengumpulkan biaya transaksi tanpa memperdulikan besaran biayanya. Karena merupakan akibat dari bitcoin yang tidak diatur oleh lembaga yang berwenang apapun. Untuk membuat bitcoin tetap berharga bagi miners atau penambang, maka dibutuhkan biaya transaksi yang telah ditentukan. Bahwa bitcoin ini tidak memiliki lembaga otoritas terpusat untuk mengatur transaksi serta peredarannya.

Pengguna lama akan mendapatkan sejumlah uang Cryptocurrency ketika kode refferalnya dimasukkan oleh pengguna baru. Begitu juga dengan pengguna baru akan mendapatkan sejumlah uang ketika memasukkan kode refferal dari pengguna lama. Jika kita suka bermain game seperti game bergenre journey, action, dan juga recreation perjudian, kita bisa menyalurkan hobi sekaligus mendapatkan uang dari sana.

Cryptocurrency yang kita dapatkan dari game ini bisa kita tukarkan dengan uang rupiah maupun greenback amerika. Lebih lanjut ustaz Maksum menjelaskan dalam konsep Islam terdapat prinsip Tafrikul Halal anil Haram. Menurutnya kaidah ini dapat digunakan dalam memisahkan antara pendapatan-pendapatan yang halal dari pendapatan yang haram. Sebagai kompensasinya, mereka akan mendapatkan beberapa Bitcoin.

Comments are closed.