Game Edukasi Untuk Temani Anak Di Rumah

Written by Filo on May 12, 2020 in Bisnis Online with no comments.

Ternyata mudah kan Bunda tips-tips menghadapi anak yang bosan di dalam kelas. Tapi tidak ada salahnya kita mencoba dan berusaha untuk menjadi pengajar / pendidik yang lebih baik dan cerdas. Buat beberapa masker dari bahan alami, atau lakukan kegiatan ala salon seperti creambath, atau pijat yang ringan. Dengan ini, anak-anak juga merasa lebih rileks dan tidak merasa cemas ketika harus berada di rumah selama berhari-hari. Selain itu, kegiatan memasak juga dapat mengajak anak-anak kreatif, dengan membuat dekorasi saat menyajikan makanan.

Anak-anak sudah bosan berada di dalam rumah

Seperti orang dewasa, anak-anakpun bisa merasa bosan jika harus berada di rumah terus-menerus. Namun, demi kebaikan bersama, Moms harus mengupayakan agar Si Kecil betah di rumah. Anak juga perlu melakukan kegiatan yang bisanya tidak dilakukan oleh keluarga. Jadi cari aktivitas yang bisa melibatkan anggota keluarga secara keseluruhan.

Hal ini merupakan upaya untuk menghentikan penyebaran Covid-19 yang penyebarannya semakin cepat, terutama pada anak-anak yang rentan sekali tertular. Banyak orang tua yang terpaksa menghabiskan waktunya untuk membimbing anaknya dalam belajar. Terpaksa orang tua meninggalkan aktifitas utamanya Bola Online demi membantu pembelajaran anak-anaknya. Belum lagi tingkah anaknya yang bosan dengan cara membimbing orang tuanya sampai menyelesaikan pekerjaan rumah yang sangat membosankan. Kewajiban untuk tinggal di rumah dalam jangka waktu yang cukup panjang, nampaknya memang tidak mudah.

Agar anak tidak merasa bosan di dalam rumah, Anda bisa membuat pola permainan engklek dengan lakban berwarna. Dan pecahan gentingnya bisa diganti dengan potongan kayu atau kubus lego. Selain itu, pembatasan sosial juga membuat anak dan remaja merasa bosan karena harus berdiam diri di rumah dan tidak bisa berinteraksi dengan teman-temannya.

Berikan apresiasi sederhana atas hal baik yang dilakukan anak, misalnya mengikuti jadwal harian tanpa diingatkan, belajar secara mandiri, atau menyelesaikan tugas yang diberikan. Ajak anak untuk dapat merefleksikan pelajaran yang diperoleh ke dalam kehidupan sehari-hari. Orangtua dapat memberikan pertanyaan terbuka mengenai pelajaran yang didapat, tugas yang sedang dipelajari, atau aktivitas belajarnya.

Reward lain juga dapat diberikan dengan cara memposting hasil karya mereka di media sosial pribadi Anda. Sekecil apapun apresiasi yang Anda berikan, hal itu akan sangat bermakna dalam tumbuh kembangnya. Selain menghilangkan kepenatan, ice breaking dapat mengasah kreatifitas anak dengan cara yang menyenangkan. Anda bisa mencarinya di Youtube dan platform edukasi anak yang berbentuk video agar mudah mempraktikkannya. Di saat jenuh melanda anak hingga rewel untuk diajak mengerjakan tugas, segarkan kembali otak mereka dengan ice breaking.

Entah itu di ruang tamu, di halaman belakang, atau di teras rumah pada sore hari. Pujian atau penghargaan atas sekecil apapun upaya belajar anak membuatnya lebih terpacu untuk belajar lebih giat. Bagi anak-anak hal ini awalnya terasa menyenangkan, seakan libur panjang.

“Disiplin masyarakat masih kurang terutama aktivitas masyarakat yang seharusnya hanya sampai jam sembilan malam, tapi banyak yang melanggar,” kata Wali Kota Jefri. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak melaksanakan vaksinasi untuk para pedagang di Pasar Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Kamis (29/7). Bantuan seperti itu sangat membantu kehidupan mereka di masa seperti sekarang ini. Kemudian, anak-anak Ardi Bakrie tidur di rumah mainan tersebut hingga membuat mereka serasa sudah pindah rumah. Lebih lanjut, Ardi Bakrie menjelaskan mengenai pindah rumah yang dilakukan oleh anak-anaknya itu.

Pesan Eben untuk anak-anak di Indonesia adalah tetaplah rajin belajar. “Banyak teman-teman kita yang tidak bisa belajar selama pandemi ini, karena tidak ada sinyal, tidak punya hp atau harus bekerja membantu orang tua. Oleh karena itu, kita harus bersyukur karena masih bisa belajar”. Ia menjelaskan, sekolah di Kecamatan Batang dan Limpung tidak diperbolehkan menggelar KBM tatap muka, karena masuk zona merah. Kalau udah bener-bener enggak bisa mengikuti pelajaran, tak perlu bikin gaduh dan mengganggu temanmu. Ambil kertas dan bikin corat-coretmu sendiri, seperti menuliskan rencana-rencanamu, menggambar komik, atau yang lain.

Ke depannya, Si Kecil jadi bisa lebih mensyukuri makanan yang ia terima dan tidak membuang-buang makanan. Menggambar dan mewarnai bersama bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengusir kejenuhan anak. Selain mengajari anak untuk berkreasi dengan warna dan bentuk, menggambar dan mewarnai juga bisa membangun rasa percaya diri anak, melatih imajinasinya, dan membuatnya gembira.

Comments are closed.