Anak Bosan Belajar Online? Yuk Coba Desain Ruang Belajarnya

Written by Filo on June 9, 2020 in Bisnis Online with no comments.

Jika sudah menyelesaikan misi di stage pertama, anak diajak untuk berpetualang ke level selanjutnya seperti berpetualang ke dapur, peternakan, supermarket, serta sekolah dengan menyelesaikan misi yang berbeda-beda di setiap levelnya. ‘BEST Adventure’ mengajak anak berpetualang bersama Timothy dan Kinan yaitu dua karakter ‘BEST Kids’. Setelah memasukkan nama dan menentukan karakter yang diinginkan.

Pada saat anak merasa stress belajar di rumah, penting bagi Anda untuk tetap tenang dan tidak ikut panik. Fokus pada solusi dan berperan aktif untuk membantu proses belajarnya justru lebih penting. Beberapa hal bisa Anda lakukan untuk menjadi orang tua bijak selama proses pembelajaran jarak jauh. Di balik masalah dan keluhan tersebut, ternyata juga terdapat berbagai hikmah bagi pendidikan di Indonesia.

Beberapa mungkin sudah merasakan kebosanan karena tidak bertemu dengan teman-teman dan guru. Tak dipungkiri, banyak anak lebih memilih sekolah di kelas dibanding belajar mandiri di rumah dengan aplikasi. Tidak hanya bekerja yang membutuhkan tempat yang nyaman, belajar pun demikian. Rumah yang notabene menghadirkan suasana untuk beristirahat dengan tenang seringkali membuat malas melakukan pekerjaan serius. Maka dari itu tidak heran jika anak mudah bosan untuk terus belajar sebagaimana di sekolah. Selalu berikan pujian dari semua pencapaian yang mereka lakukan, baik itu saat berhasil mengerjakan tugas, atau bertahan sampai proses pembelajaran selesai.

Semua kegiatan tersebut perlu diselingi dengan materi-materi yang dipelajarinya di sekolah. Sebagaimana pepatah, menyelam sambil minum air; sekali dayung dua pulau terlampaui. Guna mengatasinya, Anda setidaknya membuat dekorasi khusus yang ramah sebagai tempat belajar anak. Jika price range yang tersedia minim, hal tersebut dapat disiasati dengan sering mengubah posisi atau lokasi tempat belajarnya.

Sedangkan pendidikan adalah proses mendidik dengan menerapkan nilai-nilai tertentu sesuai tujuan pendidikan yang ingin dicapai. Seperti di dalam pendidikan terdapat proses pemahaman, penghayatan, penjiwaan, dan pengamalan. Ilmu yang telah diperoleh dari hasil belajar dapat dihayati hingga tertanam dalam hati dan tentu saja diharapkan bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain pendidikan menyangkut tentang akhlak dan budi pekerti.

Pada opsi Tebak Profesi, anak diminta untuk memilih gambar yang sesuai dengan deskripsi profesi yang diberikan. Sebagai contoh, pada halaman pertama sport terdapat berbagai gambar profesi. Apabila mengklik gambar seorang dokter, maka selanjutnya akan tertera penjelasan mengenai pekerjaan dan tanggung jawab dokter. Dengan begitu, anak akan memahami bahwa dokter bertugas mengobati pasien yang sakit. Setiap orang punya hobi masing-masing, entah itu hobi bernyanyi, menari, bersepeda, atau menggambar. Namun, tidak jarang juga orang-orang merasa suntuk dengan hobi yang mereka miliki.

Mengetahui gaya belajarnya tidak hanya membantu si kecil nyaman dan semangat belajar saja. Tapi akan membuat kegiatan belajar menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Pembelajaran teknologi informasi memang sudah diberlakukan dalam beberapa tahun terakhir dalam sistem pendidikan di Indonesia. Namun, pembelajaran daring yang berlangsung sebagai kejutan dari pandemi Covid-19, membuat kaget hampir di semua lini, dari kabupaten/kota, provinsi, pusat bahkan dunia internasional. Dari strategi pembelajaran diatas maka pendidik memiliki beberapa pilihan untuk melakukan kegiatan proses belajar mengajar secara efektif dengan mengacu pada kurikulum dan silabus yang ada. Pendidik harus mampu beradaptasi dengan kondisi dan situasi seperti ini.

Mengatasi rasa bosan terhadap anak-anak ketika sekolah online

Anda bisa mencarinya di Youtube dan platform edukasi anak yang berbentuk video agar mudah mempraktikkannya. Di saat jenuh melanda anak hingga rewel untuk diajak mengerjakan tugas, segarkan kembali otak mereka dengan ice breaking. Metode ini adalah trik untuk mengalihkan sejenak otak dan fisik dari aktifitas yang serius agar bisa kembali berkonsentrasi. Biasanya dilakukan dengan menggerak-gerakkan anggota tubuh disertai Situs Slot Gacor lagu ceria. Kita bisa mengubah posisi tempat duduk tiap anak setiap minggu atau setiap dua minggu, supaya anak bisa akrab tidak hanya dengan teman yang itu-itu saja, malainkan dengan setiap anak lainnya. Tidak hanya melulu anak harus menghadap papan tulis, kadang kita juga bisa mengubah formasi tempat duduk menjadi sebuah lingkaran dan kita mengajar di tengah, kadang hanya memakai karpet, dan masih banyak lagi.

Menurut dr Nina Dwi Putri, SpA, MSc, melakukan aktivitas menyenangkan yang dilakukan bisa membantu anak mengatasi bosan saat belajar dari rumah. Peralatan TIK minimal yg harus dimiliki guru adalah laptop dan alat pendukung video convention. Keberadaan pernagkat minimal yang harus dimiliki guru sangat perlu dipikirkan Bersama baik pemerintah kab/kota, provinsi dan pusat termasuk ortang tua untuk sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat. Sudah banyak fintech yang bergerak dibidang pemberian bantuan pengadaan perangkat teknologi baik untuk siswa, guru maupun sekolah.

Comments are closed.